https://www.facebook.com/saracen.apparel
Posted by : Unknown Minggu, 01 Maret 2015


Tidak semua mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studynya tepat waktu alias molor, bahkan tidak sedikit yang gagal dalam menempuh perkuliahan tanya kenapa?


Citizen6, Jakarta Perguruan tinggi masih dianggap sebagai pencetak lulusan terbaik untuk menjadi pekerja. Asumsi ini pun berkembang menjadi keharusan bagi seseorang untuk menimba ilmu lebih dalam di perguruan tinggi. Akan tetapi, satu hal yang tidak diketahui adalah iklim kuliah yang sama sekali berbeda dengan sewaktu masih duduk di bangku sekolah.

Banyak hal yang kemudian menjadi kendala seseorang menyelesaikan kuliahnya. Beberapa orang bahkan memilih mundur dari kuliah mereka sebelum selesai. Lalu, apa sebenarnya penyebab kegagalan kuliah tersebut?

1. Terlalu menikmati kebebasan jauh dari orang tua

Saat jauh dari orang tua, hidup dengan bebas adalah satu hal yang kita dapatkan. Tak ada lagi yang cerewet membangunkan bangun pagi, tak ada lagi yang merecoki dengan pekerjaan rumah. Rendahnya pengawasan dari orang tua tersebut terkadang membuat kita lalai dan memanfaatkan kebebasan secara berlebihan. Begadang tiap malam, nongkrong bersama teman-teman, membuat kuliah yang seharusnya diselesaikan tepat waktu, menjadi molor hingga entah kapan.

2. Salah jurusan

Tidak sedikit orang yang memilih jurusan berdasarkan prestise. Sewaktu mengisi formulir Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri pun, kebanyakan orang cenderung mengikuti temannya dalam mengambil jurusan. Tanpa kita sadari, kita masuk ke jurusan yang sama sekali tidak kita minati. Hal ini membuat kita malas-malasan saat kuliah bahkan banyak yang kesulitan karena tidak mengerti dengan jurusan yang diambil.

3. Kuliah karena terpaksa

Kebanyakan orang tua merasa berperan penting dalam menentukan masa depan anak mereka. Boleh saja. Akan tetapi, selepas usia sekolah menengah, alangkah baiknya memberikan kesempatan kepada anak untuk menentukan jurusan yang ia pilih. Orang tua yang memaksakan anaknya kuliah di jurusan yang tidak mereka suka, hanya akan membebani sang anak. Tidak heran kalau kemudian anak tersebut menjadi malas kuliah dan lama menyelesaikan kuliahnya.

4. Tak ada jaminan kerja setelah lulus

Banyak anak muda yang berpikir bahwa kuliah bukanlah penentu seseorang mendapatkan pekerjaan nanti. Mereka biasanya berpatokan dari kisah-kisah sukses para miliarder yang justru sukses saat memilih tidak kuliah. Hal ini tak heran menjadi alasan mereka enggan kuliah.

5. Bisa menghasilkan uang sendiri

Beberapa mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu. Untuk mengakali kebutuhan hidup, mereka pun memilih untuk bekerja sambil kuliah. Sayangnya, beberapa dari mahasiswa tersebut terkadang terlalu asyik bekerja. Mereka telah merasakan enaknya mempunyai penghasilan sendiri. Lalu berkembanglah konsep bahwa toh kuliah pun ujung-ujungnya bekerja. Mereka pun memilih untuk berhenti kuliah dan memilih bekerja.

6. Menekuni hobi secara berlebihan

Terkadang jadwal kuliah yang longgar membuat seseorang menjadi lebih bebas untuk menekuni hobi mereka ketimbang sewaktu masih duduk di bangku sekolah. Nah, karena terlalu asyik menekuni hobi seperti ngeband, mendaki gunung, futsal, dan yang lainnya, beberapa mahasiswa kemudian lupa akan kewajibannya sebenarnya.

7. Sibuk berorganisasi

Kuliah tidak mengajarkan mahasiswa bagaimana cara beradaptasi, menjadi pemimpin, dan yang lainnya. Kemajuan zaman juga menuntut mahasiswa tak hanya pintar secara IQ, akan tetapi juga sukses dalam EQ dan SQ. Hal inilah yang menjadi alasan beberapa mahasiswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi, maupun organisasi masyarakat di sekitar kampus. Memang, tidak ada salahnya aktif di kegiatan-kegiatan tersebut. Asalkan jangan terlalu sibuk berorganisasi sampai lalai untuk menyelesaikan kuliah.


Cara Mengatasinya

Ada sebagian orang yang telah menjalankaan kuliah tapi, mereka tidak bisa mencapai sarjana. Hal ini dikarenakan mereka ke luar dan di keluarkan oleh Univesitas tempat menuntut ilmu. Tahukah Anda apa yang menjadi penyebabnya? Berikut ini penyebab kuliah gagal dan cara mengatasinya:

"Kurang dana"

Penyebab pertama mereka tidak bisa mencapai gelar yang diinginkan karena dana kurang. Dengan begitu, mereka memutuskan untuk keluar dari tempat kuliah. Cara mengatsinya, jika dari diri mereka memang niat untuk kuliah, bisa bekerja sambil kuliah, atur waktu kuliah sambil kerja. Anda bisa masuk kuliah kelas khusus dan mencari pekerjaan, uang gaji kerja sebaiknya disimpan dan untuk membayar keperluan kuliah jangan digunakan berpoya-poya. Jika bisa mengatur dana dengan baik, kuliah tidak akan gagal dan akan sampai menjadi sarjana.

"Keluar dari kampus (DO)"

Penyebab kedua mahasiswa kuliah gagal, yaitu karena ke luar dari kampus yang diakibatkan diDO. Mengpa terjadi? Karena mahasiswa telah lewat dari semester yang telah ditentukan. Misalnya, Ali kuliah di salah satu kampus di Jakarta dan aturan disana mahasiswa tidak boleh lewat dari 14 semester atau selama 7 tahun kuliah. Namun, Ali sudah lebih dari 7 tahun kuliah tapi, belum selesai juga, maka kampus berhak untuk mengkelurkan Ali. Oleh sebab itu, sebelum masa kuliah yang telah ditentukan selesai, ada baiknya untuk menyelesaikan kuliah dengan cepat. Cara mengatasinya agar tidak sampai diDO, sebaiknya Anda jangan mengambil cuti kuliah terlalu lama dan kerjakan tugas kampus dengan baik. Jika itu semua di jalankan dengan baik, cita-cita menjadi sarjana akan tercapai.

"Kurang bisa mengatur waktu"

Penyebab ketiga yaitu, tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Saat Anda menjalankan dua aktivitas antara kuliah dan kerja tidak dirancang dengan sebaik mungkin akan membuat kuliah gagal. Hal ini disebabkan, mereka telah mengenal uang dan akhirnya memutuskan untuk tidak kuliah. Anda ingin kuliah dan kerja berjalan dengan baik dan bisa menjadi seorang sarjana sebaiknya cari pekerjaan yang bisa membuat keduanya berhasil. Misalnya: Cari pekerjaan setengah hari atau tidak seminggu penuh, dan hari berikutnya Anda bisa kuliah. jika bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada alasan untuk gagal kuliah karena waktu.

terimakasih sudah membaca semoga membantu
sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

>
<
Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Us

Copyright © 2014 Luqman Hamzah | Powered by Blogger | Designed by Faqih Jauzy